Anggota Tim Audit Tekhnologi Panselnas, Zainul Anwar Effendi
mengatakan, kalau ingin cepat direspon pengaduannya, agar dikirim ke
email panselnas@menpan.go.id. “Kami
membalas tujuh ribu email setiap harinya,” ujarnya ketika memberikan
penjelasan di Posko Pengaduan Seleksi CPNS di Media Center Kementerian
PANRB, Senin (08/09).
Zainul menambahkan, untuk melakukan pengaduan sudah ada formatnya.
Kalau subjeknya tidak sesuai, langsung dianggap tidak benar, karena
hanya yang benar saja akan ditanggapi. “Subyeknya yang sama itu perihal
email tinggal kita masukkan folder baru. Tapi perintah panduan yang kita
buat itu tidak diikuti dengan benar, maka akan menyusahkan pelamar jika
mengalami kesalahan input data,” imbuhnya.
Dari hasil pantauan Panselnas, masalah yang terbanyak adalah kesalahan
input data atau lupa password. Hal itu bisa berakibat fatal, dan
Panselnas tidak bisa membantu terutama kalau sudah terdaftar di instansi
yang dilamar. (Gin/ HUMAS MENPANRB)